Ketika website Anda sudah selesai dibuat, salah satu tahap terpenting yang harus Anda lakukan adalah mengisi kontenya. Perlu diketahui jika salah satu konten paling vital dalam sebuah website adalah artikel. Artikel yang terus-menerus up-to-date menandakan bahwa website itu aktif. Website yang aktif sangat suka disukai oleh mesin peramban, terutama Google. Lalu apakah pengguna website bebas copy-paste artikel darimanapun?. Tentu saja tidak semudah dan se-sederhana itu, ada banyak rules atau aturan yang harus disepakati bersama. Loh disepakati antara siapa sama siapa? nulis artikel saja kok ribet banget?. Tentu saja kesepakatan antara pengguna website dengan Google, dan memang harus agak sedikit ribet hehe. Dalam konteks SEO (Search Engine Optimization), pengguna website itu ibarat orang yang numpang di rumahnya Google. Jadi aturan yang dipakai adalah aturan yang dibuat oleh Google. Mau tidak mau, Anda harus mengikuti aturan tersebut. Lalu, apa saja tips menulis artikel SEO ini?

Berikut Tips Menulis Artikel SEO Untuk Menaikan Peringkat Website Anda

  1. Paragraf Pertama Jangan Lebih Dari 140 Kata
    • Ini bertujuan agar pembaca tidak langsung pusing saat membuka artikel Anda. Jika pembaca pusing duluan, maka dia akan langsung menutup artikel di website. Ini akan menciptakan image buruk untuk website Anda dimata Google. Sensitif sekali ya?
  2. Minimal 300 Kata Dalam Satu Artikel
    • Usahakan 500 kata lebih dalam satu artikel yang Anda buat. Minimal sekali adalah 300 kata. Ini menandakan bahwa artikel yang dibuat adalah sebuah konten yang berkualitas. Google sangat menyukai konten berkualitas.
  3. Gunakan Heading
    • Ini adalah judul dari sebuah paragraf yang biasanya berisi kata kunci yang ingin Anda opsimasi. Fungsi dari heading ini adalah untuk mempertegas inti dari artikel yang Anda buat.
  4. Jangan Menuliskan Terlalu Banyak Kata Kunci
    • Mohon diperhatikan, ini sangatlah penting untuk keselamatan website Anda. Jangan pernah berlebihan menulis kata kunci dalam sebuah artikel, atau website Anda akan hilang dari pencarian Google.
  5. Jangan Menyadur Artikel Website Lain
    • No comment, just don’t do it 🙂
  6. Gunakan Foto Berlisensi Gratis
    • Gunakan free license photo yang bisa Anda download dari beberapa situs ternama seperti Unsplash, Pixabay atau Pexels. Hindari mencomot foto dari Google Images, atau website Anda akan terkena copyright.
  7. Jangan Gunakan Foto Terlalu Besar
    • Minimalisir penggunaan foto dengan ukuran besar. Gunakan foto ukuran kecil agar ringan saat diakses pembaca. Jangan sampai pembaca menutup website Anda gara-gara fotonya terlalu berat diakses.
  8. Rubah Nama Foto & Gunakan Image Alt
    • Sebelum digunakan, rubahlah nama file foto Anda sesuai dengan kata kunci yang ingin Anda optimasi. Misalnya kata kuncinya adalah Tips Menulis Artikel SEO, maka nama file di foto Anda adalah tips-menulis-artikel-seo.jpg. Dan jangan lupa gunakan Image Alt sesuai dengan kata kunci yang Anda optimasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Fill out this field
Fill out this field
Please enter a valid email address.
You need to agree with the terms to proceed

Menu